Berenang Adalah Olahraga Terbaik untuk Lansia

Manusia yang memasuki lanjut usia atau lansia sangat rentan terjatuh dan cedera. Sebenarnya olahraga disarankan untuk melatih kebugaran dan otot lansia sehingga mereka tak gampang jatuh. Meski begitu, tidak semua olahraga bisa dilakukan. Salah satu olahraga yang dianggap aman dan baik untuk lansia adalah berenang.

rng

Terdapat hasil penelitian dari Tim peneliti di Australia yang mengamati sekitar 1.700 pria berusia 70 tahun ke atas dan membandingkan jenis olahraga yang mereka lakukan serta kemungkinannya jatuh selama empat tahun. Dalam kurun waktu penelitian itu sekitar 2.700 pria terjatuh.

Para responden dalam penelitian itu yang melakukan olahraga renang ternyata risikonya untuk jatuh berkurang sampai 33 persen. Sebaliknya, mereka yang memilih olahraga golf, senam, berolahraga treadmil atau sepeda statis, risikonya untuk jatuh tak berkurang.

Para peneliti juga menemukan bahwa perenang melakukan lebih baik pada tes “ayunan postural” dibandingkan dengan rata-rata semua pria dalam studi tersebut. Dalam tes keseimbangan berdiri, seseorang diminta untuk berdiri selama mungkin 30 detik, dan peneliti mengukur berapa banyak gerakan tubuhnya di tingkat pinggang dari posisi tengah.

Jatuh adalah masalah kesehatan yang utama pada orang tua. Jatuh dapat menyebabkan patah tulang, trauma kepala dan luka berat lainnya. Bahkan jatuh yang tak terlalu serius dapat menurunkan mobilitas selama mereka dalam pemulihan, dan menyebabkan masalah lain. Satu dari tiga orang berusia 65 tahun atau lebih pernah jatuh setiap tahunnya.

Selama ini olahraga jalan kaki merupakan kegiatan fisik yang paling banyak dilakukan lansia. Tetapi olahraga ini tidak menurunkan risiko jatuh.

BerenangĀ  diketahui menguatkan otot-otot inti dan membuatnya lebih stabil sehingga seseorang tidak mudah jatuh. Bersepeda juga sebenarnya bermanfaat untuk keseimbangan. Pada dasarnya setiap jenis olahraga memiliki manfaat berbeda-beda, misalnya menari akan membantu kecepatan dan waktu reaksi.

banner sirsak tidur

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s