Terlalu Lama Duduk Dapat Meningkatkan Risiko Kematian

Apakah anda masuk kategori sering duduk lebih dari 6 jam sehari? Anda harus berhati-hati. Penelitian terbaru menunjukan duduk terlalu lama bisa berakibat buruk terhadap kesehatan.

Sekedar-Lelah-atau-Sedang-Sakit-Alodokter

Hasil penelitian ini bukan gurauan belaka, penelitian ini dilakukan oleh American Cancer Society terhadap lebih dari 123 ribu orang yang dipantau kesehatannya selama lebih dari 14 tahun. Salah satu yang diobservasi dalam penelitian ini adalah wanita yang duduk kurang dari 3 jam sehari dan wanita yang duduk lebih dari 6 jam sehari. Hasilnya, jumlah wanita yang meninggal selama kurun waktu penelitian, 40% lebih banyak pada grup yang duduk lebih dari 6 jam sehari.

Penelitian yang lebih khusus dan spesifik menemukan, penyebab kematian orang yang duduk lebih dari 6 jam sehari, rata-rata terkena penyakit Cardiovascular, kegemukan, diabetes, dan depresi. Penelitian ini juga menemukan semakin lama waktu duduk maka semakin meningkat risikonya terkena berbagai penyakit. Penelitian lainnya yang diterbitkan The American Journal of Epidemiology awal tahun ini menemukan, mereka yang memiliki pekerjaan yang lebih banyak duduk dan jarang berpindah meningkatkan risiko terkena kanker kolon hingga dua kali lipat. Yang menarik penelitian ini menemukan, kerusakan yang ditimbulkan karena duduk terlalu lama, tidak bisa diperbaiki dengan olahraga atau latihan ringan.

Duduk terlalu lama disebut hampir sama berbahayanya dengan merokok. Karena itu, untuk mengurangi risiko akibat kurang gerak disarankan melakukan latihan ringan selama 30 menit setiap harinya. Namun demikian, bukan berarti hal tersebut bisa membebaskan sepenuhnya Anda dari berbagai penyakit jika tetap duduk terlalu lama. Usahakanlah tetap bergerak secara reguler dan hindari posisi duduk terlalu lama.

Di berbagai belahan dunia telah dilakukan beberapa upaya untuk mengatasi hal ini. Di Atlanta, Amerika, telah diciptakan meja yang bisa disesuaikan untuk posisi duduk dan berdiri. Karyawan bisa bekerja sambil berdiri jika merasa sudah duduk terlalu lama. Duduk itu baik jika dilakukan dalam waktu yang tidak berlebihan. Tapi jika berlebihan maka bisa menjadi berbahaya.

banner sirsak tidur

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s