Perbedaan Kanker Paru pada Perokok dan Nonperokok

Seorang perokok dan nonperokok sama-sama punya risiko terkena kanker paru, perbedannya tak cuma seberapa besar risikonya, jenis kanker yang menyerang pada kedua kelompok tersebut pun ternyata tidak sama.

paru

Sebuah studi pada tahun 2010 yang dilakukan oleh peneliti dari BC Cancer Research Center, Kanada, mengatakan ada perbedaan genetik antara kanker paru pada perokok dengan kanker paru nonperokok. Penelitian dilakukan dengan cara mengambil sampel tumor dari 30 nonperokok, 39 perokok, dan 14 mantan perokok. Sampel kemudian diteliti dengan seksama terutama terkait dengan susunan DNA (Deoxyribo Nucleic Acid).

Seorang peneliti kesehatan mengatakan ada perbedaan DNA dua kali lipat lebih banyak pada tumor kanker nonperokok dibandingkan dengan tumor kanker perokok. Hal ini menurutnya menunjukkan bahwa kanker paru antar dua kelompok tersebut berbeda, ada faktor lain yang dapat dijadikan bukti bahwa kanker paru muncul dengan cara yang berbeda pada dua kelompok pasien kanker tersebut. Kanker paru pada nonperokok memiliki karakteristik seperti banyak muncul pada wanita, memiliki tumor khusus bernama adenocarcinoma, dan adanya mutasi pada epidermal growth factor receptor (EGFR).

Hasil temuan ini diharapkan dapat membantu kita untuk lebih memahami biologi yang mendasari perkembangan kanker paru-paru pada nonperokok.

banner sirsak tidur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s