Mata Kering Bisa Menyebabkan Kebutaan

Bagi beberapa orang, mata memerah adalah hal yang biasa terjadi. Kondisi tersebut sering disangka karena kelilipan atau kemasukan benda asing. Hati-hati, mata memerah juga bisa disebabkan oleh sindrom mata kering.

sakit mata

Sindrom ini biasanya terjadi pada saat seseorang menginjak usia 30-an tahun, pada saat usia bertambah tua, produksi air mata akan berkurang.

Pada usia tersebut mata tidak memproduksi cukup air mata dan penguapan terhadap air mata berlangsung cukup cepat. Walaupun sindrom mata kering ini biasa terjadi pada orang usia 30-an, gejala ini bisa terjadi pada siapa saja.

Gejala pada kondisi mata kering adalah sakit, iritasi pada mata, pandangan kabur, dan terasa ada benda mengganjal di mata. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan mata tidak dapat melakukan lubrikasi secara efektif. JIka terus dibiarkan, gejala ini bisa menyebabkan kebutaan karena kekeringan bisa membuat luka pada bola mata.

Kondisi ini bisa semakin parah jika ditambah dengan aktivitas menonton TV atau menatap layar komputer terlalu lama. Studi menunjukkan jika normalnya mata berkedip adalah 22 kali dalam semenit. Namun, saat fokus menatap TV, mata hanya berkedip sebanyak 5 sampai 7 kali dalam semenit. Kurangnya kedipan juga membuat mata semakin kering.

Pendingin ruangan, lensa kontak, kurang tidur, dan stres juga bisa menjadi faktor lain yang membuat mata mengering, kondisi mata kering ini bisa berhubungan dengan blepharitis yang dapat membuat peradangan pada kelopak mata. Blepharitis ini akan membuat kelenjar di antara bulu mata tersumbat oleh kulit kering, infeksi, dan kotoran.

Padahal kelenjar di mata dapat memproduksi lapisan minyak pada air mata yang dapat melindungi bola mata Anda. Tanpa lapisan ini, air mata Anda akan lebih cepat menguap karena kekeringan. Akan tetapi, belum bisa dipastikan apakah penyebab orang terkena blepharitis, walaupun belum pasti, kondisi blepharitis biasanya dialami oleh orang yang memiliki kulit rentan atau sensitif.

Untuk saat ini pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi sindrom mata kering adalah pemakaian gel dan cairan yang diteteskan di mata untuk menggantikan air mata. Selalu ingat untuk berkedip juga dapat membuat pengobatan menjadi lebih efektif.

banner sirsak tidur

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s