Kanker Payudara Dapat Berkembang Karena Hormon Estrogen

Keberadaan hormon estrogen memiliki banyak fungsi di tubuh seorang perempuan. Hormon estrogen antara lain berfungsi untuk pengembangan dan reproduksi perempuan. Selain itu, estrogen juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah tulang keropos. Namun beberapa jenis tumor kanker payudara sensitif pada hormon yang satu ini. Sebab hormon estrogen juga bisa membuat kanker payudara menyebar.

stadium-0

Memang ada kanker yang pertumbuhannya dipicu oleh adanya hormon estrogen. Jadi pada tipe yang hormonal dependent, kanker payudaranya tergantung pada hormonal estrogen, Kanker payudara yang penyebarannya dikarenakan hormon estrogen sudah pasti tidak bersifat menurun dari ibu ke anaknya. Jika seorang perempuan tanpa riwayat kanker payudara di keluarganya mengalami penyakit tersebut, maka bisa dilakukan pemeriksaan patologi atau imunohistokimia. Kanker payudara dikatakan karena hormonal dependent adalah apabila reseptor estrogennya positif.

Lalu bagaimana mengatasinya? Karena hormon estrogen menjadi faktor penyebaran kanker, maka pengobatannya adalah dengan memblokir reseptor estrogen atau menghentikan tubuh dari pembuatan estrogen.

Estrogen bisa dikontrol dengan radiasi, operasi, atau membloking hormon yang memicu produksi estrogen oleh ovarium, pemblokingan ini dilakukan dengan pemberian suntikan yang menghambat produksi hormon estrogen di ovarium. Jadi ada instruksi dari otak agar pembentukan hormon ini dihambat, sehingga menurun. Yang bersangkutan bisa saja mengalami menopause dini, namun tidak selalu terjadi demikian.

Penanganan kanker payudara karena hormonal dependent tidak sama antara kasus yang satu dengan lainnya, tergantung jenis kanker payudara dan faktor lainnya. Terkadang ada kasus di mana penanganan kanker payudara dilakukan dengan pengangkatan satu atau kedua indung telur guna menghilangkan sumber utama estrogen.

banner sirsak tidur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s