Rutin Konsusmsi Cokelat Setiap Hari Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung bisa dimulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil, tapi ketika rutin dilakukan manfaatnya akan dirasakan dalam jangka panjang. Mulai dari berhenti merokok, rajin olahraga juga menghindari makanan tinggi lemak dan tinggi gula. Selain itu, makan cokelat juga jadi kebiasaan yang baik bagi jantung.

455

Banyak penelitian yang membuktikan manfaat biji cokelat bagi kesehatan, terutama jantung. Para Pakar Kesehatan  mengatakan, beberapa produk yang terbuat dari cokelat memberi pengaruh positif yang cukup signifikan terhadap tekanan darah jika dikonsumsi dengan jumlah yang tepat.

“Biji cokelat yang belum diproses kaya akan antioksidan yang disebut polifenol. Dalam beberapa jam setelah mengonsumsi cokelat, tekanan darah Anda bisa menurun dan berlangsung selama tiga hingga enam jam”.

Mengkonsumsi cokelat untuk mendapatkan manfaat kesehatan tak perlu berlebihan. Dalam 50 gram dark chocolate atau bubuk cokelat berkualitas sudah mengandung cukup polifenol untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Namun yang menjadi masalah, kebanyakan produk cokelat yang dijual di pasaran kadar polifenolnya sudah jauh berkurang karena terlalu banyak bahan tambahan yang dimasukkan. Mulai dari gula, lemak, hingga isian seperti choco chips, buah kering dan kacang-kacangan.

Cokelat berkualitas baik yang belum terlalu banyak ditambahkan bahan campuran umumnya memiliki rasa sedikit pahit, sehingga banyak produsen cokelat yang memasukkan banyak gula serta susu agar rasanya lebih enak. Begitu juga dengan bubuk cokelat, seringkali bahan alkaline dimasukkan saat proses pengolahan agar bubuknya lebih halus dan rasa cokelatnya juga lebih ringan.

Perlu diketahui bahwa cokelat susu atau milk chocolate memiliki kandungan polifenol lebih sedikit ketimbang dark chocolate. Bahkan pada jenis white chocolate tidak mengandung polifenol sama sekali.

Konsumsinya pun harus dibatasi. Seperti yang telah disebutkan di atas, konsumsi dark chocolate sebaiknya tak lebih dari 50 gram sehari. Jumlah itu setara dengan tiga keping cokelat berukuran kubus. Selain itu yang paling terpenting dalam memelihara kesehatan jantung adalah menjaga berat tubuh tetap ideal, maka dari itu diet yang dijalani pun sebaiknya sehat dan rendah kalori. Selain dark chocolate, polifenol juga banyak ditemukan pada makanann lainnya seperti sayuran berdaun hijau, teh hijau, buah berry dan red wine.

banner sirsak tidur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s