Jalan Cepat Rutin Bisa Meningkatkan Peluang Hidup Pengindap Kanker

Kadangkala seseorang yang telah divonis mengidap penyakit kronis seperti kanker, ia cenderung stres dan merasa tak punya harapan hidup. Padahal masih ada cara untuk memperpanjang umur mereka, bahkan caranya pun sangat sederhana.

Lari_sehat_dan_murah

Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Lembaga Research di Inggris mengungkapkan pasien kanker akan diuntungkan dengan kebiasaan berjalan kaki selama 20 menit setiap harinya. Apa gunanya?

Menurut peneliti, kebiasaan ini tak hanya menyehatkan tapi juga menambah peluang hidup mereka. Pasalnya mereka menemukan pasien kanker payudara yang rutin berjalan kaki selama 20 menit setiap hari berisiko 40 persen lebih kecil untuk meninggal dunia.

Begitu juga dengan pasien kanker prostat. Bila mereka membiasakan jalan kaki tiap hari maka risiko kematian dini mereka akan menurun sebanyak 30 persen.

Namun peneliti mengingatkan jalan kaki yang bermanfaat bagi pasien kanker bukanlah jalan kaki biasa, melainkan jalan cepat, tepatnya dengan kecepatan sekitar 3 mph untuk sekali jalan.Olahraga sederhana ini bahkan meminimalisir efek samping dari pengobatan atau kemoterapi seperti kelelahan dan berat badan turun, termasuk menurunkan risiko kanker kambuh kembali.

Jadi bila seorang pasien kanker payudara membiasakan jalan cepat sejauh 1 mil (1,6 km) perhari, maka risiko kekambuhan kanker payudaranya akan turun sebanyak 40 persen. Sedangkan pada pasien kanker usus, risiko kankernya kambuh lagi akan berkurang sebesar 50 persen jika mereka ‘memaksakan’ diri untuk jalan cepat selama 50 menit perhari.

Berarti jelas, jalan kaki dapat menyelamatkan banyak nyawa. Dan cara ini sangat sederhana serta murah meriah. Harusnya para profesional di bidang kesehatan menetapkan jalan kaki sebagai standar untuk pemulihan pasien kanker.

banner sirsak tidur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s