Buah Semangka Bisa Mengatasi Hipertensi dan Risiko Serangan Jantung

Buah semangka selain rasanya yang segar dan membantu menghilangkan dahaga, juga disebut-sebut bisa meningkatkan libido pada pria. Bahkan menurut penelitian dari Lembaga Riset Gizi di Amerika Serikat, efek semangka hampir menyamai Viagra.

45444

Manfaat buah dengan rasa manis segar ini tidak sampai di situ. Penelitian terbaru menunjukkan kalau semangka juga bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi pada orang dengan kelebihan berat badan serta menurunkan risiko terjadinya serangan jantung.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension tersebut mengungkapkan, semangka paling baik dimakan untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko gangguan jantung, terutama saat cuaca dingin. Disebutkan dalam penelitian tersebut, serangan jantung lebih banyak terjadi kala udara dingin karena membuat organ dalam bekerja lebih keras untuk membuat tubuh tetap hangat.

Untuk menghangatkan tubuh, tekanan darah pun ditingkatkan dan kondisi ini membuat jantung juga berdetak lebih kencang. Kondisi ini membuat orang lebih berisiko terkena serangan jantung atau stroke. Dengan konsumsi semangka, ditemukan penurunan tekanan darah dan detak jantung yang lebih tenang setelah partisipan mengonsumsi ekstrak semangka.

Hasil penelitian juga ditemukan bahwa partisipan yang rata-rata mengalami obesitas dan memiliki hipertensi, tekanan darahnya lebih rendah dan tekanan pada jantung (penyebab utama terjadinya gagal jantung) juga berkurang. Dan ternyata mengonsumsi semangka bukanlah satu-satunya cara mudah dan sehat untuk memelihara kesehatan jantung.

Menurut informasi dari berbagai sumber, mandi air hangat juga bisa bantu mengurangi tekanan darah tinggi. Para peneliti di University of Sao Paulo, Brasil, menemukan bahwa berolahraga di (aquarobics) di dalam air hangat bisa menurunkan tekanan darah, bahkan pada orang yang pengobatannya kurang berhasil.

Belum dapat dipastikan kenapa efek air hangat ini cukup besar dalam penurunan tekanan darah tinggi dan kesehatan jantung. Namun satu teori menyebutkan bahwa suhu yang panas bisa melebarkan pembuluh darah, sehingga melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Beberapa manfaat kesehatan lagi yang bisa Anda dapatkan dengan rajin konsumsi semangka, adalah membantu meredakan nyeri otot dan kelelahan. Sebuah studi menyatakan bahwa jus semangka mampu meredakan nyeri setelah berolahraga.

Jus semangka juga dipercaya mampu menormalkan detak jantung setelah berolahraga serta mengurangi lelah otot. Jika dikonsumsi sebelum berolahraga, jus semangka dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah karena mengandung asam amino L-cittruline. L-cittruline pada semangka, dapat diserap lebih cepat oleh tubuh ketimbang L-cittruline yang berasal dari suplemen atau pil.

banner sirsak tidur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s