Susah Tidur Bisa Teratasi Dengan Konsumsi 10 Makanan Ini

Mengalami kesulitan tidur di waktu malam hari biasa dialami oleh setiap orang. Sesuatu hal yang menyebabkan seseorang merasa sulit untuk tidur, salah satu penyebabnya bisa saja terlalu banyak dalam pola konsumsi kafein, menonton tv hingga larut atau mengerjakan pekerjaan kantor di rumah.

312
Menurut seorang analis kesehatan mengatakan tidur yang nyenyak berawal dari proses pencernaan. Pencernaan manusia memproduksi hormon serotonin yang berfungsi untuk mengatur pola tidur. Untuk itu, mengonsumsi makanan yang mudah dicerna dapat membantu Anda tidur nyenyak. Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu dalm mengatasi kondisi kesulitan tidur :

1. Konsumsi Cokelat
Cokelat mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya dapat membantu Anda untuk memperoleh tidur nyenyak di malam hari. Ahli gizi di Institute of Transformational Nutrition, Cynthia Pasquella mengatakan bahwa cokelat mengandung hormon serotonin yang dapat membantu merilekskan tubuh dan pikiran.

2. BuahCeri
Buah ceri membantu meningkatkan kadar hormon melatonin yang dapat mengatur siklus tidur. Cobalah untuk membuat segelas jus ceri dan meminumnya sebelum tidur. Cara ini lebih aman dilakukan daripada mengonsumsi pil tidur.

3. Konsumsi Kacang Almond
Mengonsumsi segenggam kacang almond akan membantu Anda untuk tidur pulas di malam hari. Menurut penulis buku From Fatigued to Fantastic, Jacob Teitelbaum, kacang almond mengandung magnesium yang dapat membantu relaksasi otot sehingga tidur nyenyak bisa dicapai.

4. Teh Camomile
Sebaiknya, ganti kebiasaan Anda meminum kopi di sore hari dengan secangkir teh camomile. Meminum teh herbal ini akan membantu Anda untuk tidur lebih cepat karena terdapat senyawa glycine yang membantu mengendurkan saraf dan otot.

5. Kale
Sayuran berdaun hijau yang mirip dengan kubis ini dipercaya untuk kesehatan dan orang yang melakukan diet. Tidak hanya itu saja, kale juga dapat membantu untuk mengatasi masalah tidur karena didalamnya mengandung kalsium. Daun kale juga bisa menstimulasi otak untuk memproduksi asam amino esensial yang bernama triptofan untuk menghasilkan hormon melatonin dan serotonin

  1. Minum Madu
    Madu mengandung kadar gula alami yang dapat meningkatkan hormon insulin dan membantu triptofan, sejenis asam amino esensial yang menghasilkan rasa kantuk. Tambahkan madu kedalam segelas teh hangat yang diminum sebelum tidur.7. Kacang Kenari
    Selain kale dan madu, triptofan juga banyak ditemukan pada kacang kenari. Asam amino esensial ini diibaratkan sebagai jam alami pada tubuh karena dapat membantu produksi hormon serotonin dan melatonin, yaitu hormon yang dapat mengatur siklus tidur pada manusia.

    8. Pisang
    Dr. Saundra Dalton-Smith, pengajar di Davenport University di Michigan mengatakan bahwa pisang merupakan sumber magnesium dan potasium yang sangat baik. Pisang juga membantuk untuk mengendurkan otot yang tegang. Sebagai variasi, cobalah campurkan pisang dan secangkir susu kedalam juicer dan mengonsumsinya sebelum tidur.

    9. Ikan
    Mengonsumsi ikan yang dagingnya mengandung minyak, seperti ikan tuna dan salmon dapat membantu memproduksi hormon melantonin. Selain itu, ikan juga mengandung vitamin B6, sehingga hidangan salad ikan tuna dapat membantu Anda untuk merasa kantuk lebih cepat.

    10. Jasmine Rice
    Jasmine Rice atau beras melati merupakan beras asal Thailand. Beras ini mempunyai angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tinggi. Menjadikan tubuh mencernanya dalam kecepatan lambat dan mampu untuk melepaskan glukosa secara bertahap ke dalam aliran darah. Hal ini mampu meningkatkan produksi triptofan dan serotonin sehingga dapat mempercepat waktu untuk tertidur.

banner sirsak tidur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s