Costochondritis

Costochondritis merupakan sejenis peradangan pada tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk dengan tulang dada, sebuah persimpangan yang dikenal sebagai sendi costosternal.

Gejala costochondritis mungkin mirip serangan jantung atau kondisi jantung lainnya, karena disertai dengan datangnya rasa nyeri pada dada.

Para kalangan medis akan merujuk costochondritis dengan nama lain, seperti nyeri dinding dada, sindrom costosternal dan chondrodynia costosternal. Ketika rasa sakit costochondritis disertai dengan bengkak, itu disebut sebagai sindrom Tietze.

Penyebab

Kasus costochondritis tidak punya sebab yang jelas. Kadang-kadang, costochondritis mungkin akibat dari hal berikut:

1. Cedera, pukulan di dada bisa menyebabkan costochondritis.

2. Angkat berat dan olahraga berat telah dikaitkan dengan costochondritis

3. Arthritis. Pada beberapa orang, costochondritis telah dikaitkan dengan masalah tertentu, seperti osteoarthritis, rheumatoid arthritis dan ankylosing spondylitis.

4. Infeksi. Sendi tulang rusuk sendiri dapat terinfeksi oleh virus, bakteri atau jamur. Contohnya termasuk tuberkulosis, sifilis dan aspergillosis.

5. Tumor. Tumor non-kanker dan kanker juga dapat menyebabkan costochondritis. Kanker mungkin perjalanan ke sambungan dari bagian lain tubuh, seperti tiroid, payudara atau paru-paru.

Gejala

Rasa sakit dan nyeri yang berhubungan dengan costochondritis biasanya ditandai dengan gejala:

1. Nyeri pada sisi kiri dada
2. Mempengaruhi lebih dari satu tulang rusuk
3. Memburuk saat mengambil napas dalam-dalam atau batuk

Pengobatan

Costochondritis biasanya hilang dengan sendirinya, meskipun dalam beberapa kasus dapat berlangsung selama beberapa bulan atau lebih. Pengobatan berfokus pada menghilangkan rasa sakit.

Jika obat penghilang rasa sakit OTC tidak cukup, dokter Anda dapat merekomendasikan obat seperti ibuprofen (Advil, Motrin, orang lain) dan naproxen (Aleve).

Pengobatan terapi fisik juga dapat dilakukan, yang mencakup latihan peregangan dan stimulasi saraf. Jika tindakan konservatif tidak berhasil, dokter mungkin akan menyarankan suntikan obat mati rasa dan kortikosteroid langsung ke dalam sendi yang menyakitkan.

banner sirsak tidur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s