PROBIOTIK MELINDUNGI USUS SI KECIL

Ketika anak memasuki masa tumbuh dan berkembang, anak akan cenderung gemar bereksplorasi dan memuaskan rasa keingintahuannya, salah satunya dengan memasukkan benda-benda yang dipegang ke dalam mulutnya. Ini tentu akan membuat kita sebagai orangtua menjadi khawatir akan pengaruhnya terhadap kesehatan si kecil.

Adanya kuman penyakit yang bisa berada di mana saja dan kapan saja pasti juga ada pada benda-benda yang dipegang si kecil. Mulut dan saluran pencernaan adalah gerbang masuknya berbagai jenis kuman. Karenanya saluran cerna sangat penting untuk dilindungi. Bila bakteri jahat masuk dan tumbuh subur di usus, dapat menyebabkan tidak maksimalnya produksi imunitas dan juga asupan nutrisi yang dibutuhkan si kecil. Akibatnya si kecil menjadi mudah sakit dan pertumbuhannya terhambat.

Kondisi saluran pencernaan si kecil akan selalu sehat apabila di usus terdapat probiotik (bakteri baik) dalam jumlah dominan, seperti Bifidobacterium dan Lactobacillus. Probiotik akan menekan bakteri jahat seperti Staphylococcus, Salmonella,Enterococcus, Clostridium dan Coli agar tidak berkembang biak di usus.

Manfaat probiotik antara lain, melindungi permukaan usus sehingga mencegah bakteri jahat bertumbuh di usus, menjaga keseimbangan ekosistem usus dengan menekan bakteri jahat dari luar dan dalam tubuh, modulasi imunitas (memperkuat imunitas alami, daya tahan tubuh dan mengontrol iritasi usus) dan memberikan efek positif pada metabolik (pemanfaatan nutrisi, produksi asam lemak rantai pendek dan meningkatkan laktosa).

Probiotik banyak terdapat di kandungan susu bubuk. Mengapa di susu bubuk? Menurut Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS, Dosen Departemen Gizi Masyarakat IPB, menyebutkan, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, probiotik harus dapat dikonsumsi dalam keadaan hidup dan stabil, sehingga mencapai saluran cerna dalam keadaan hidup pula.

Dalam hal ini susu bubuk yang kering, dapat membuat probiotik tetap hidup dalam kondisi dorman (setengah tidur). Dalam susu ini pula probiotik dapat bertahan hingga 15 bulan tanpa refrigerator, mudah diolah dandistribusi, dan memberi nilai plus dari semua kebaikan susu. Probiotik akan kembali bekerja maksimal jika dikonsumsi langsung dengan air hangat 45 derajat selsius.

Untuk itu, jika ingin si kecil tumbuh sehat, harus dimulai dengan usus yang sehat, agar produksi imunitas dan asupan nutrisi menjadi maksimal sehingga meningkatkan daya tahan tubuh, kesehatan dan pertumbuhan otak, dan akhirnya membuat si kecil menjadi bahagia.

banner sirsak tidur

One thought on “PROBIOTIK MELINDUNGI USUS SI KECIL

  1. Ping-balik: Awas… Agresi Militer Kerajaan Kuman Pada Gigimu & Tubuhmu! - Zakiatul Hidayati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s